welcome

selamat datang kawan semoga nyaman di galeri saya

Total Tayangan Halaman

Jumat, 23 Maret 2012

laporan karya tulis di PAUD AL FALAH


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Pendidikan merupakan salah satu bentuk aset investasi dalam jangka panjang, tak terkecuali pendidikan bagi anak usia dini dimana penyelenggaraan pendidikan anak usia dini lebih mengedepankan pengembangan pola pikir, penggalian potensi psikomotorik, afektif dan penambahan pengetahuan yang tentunya disesuaikan dengan tingkat usia pendidikan.
Realita yang ada di lapangan membuktikan bahwa pola fikir masyarakat lebih menyadari akan pentingnya aspek pendidikan sebagai bentuk pemanfaatan aset dan investasi di masa yang akan datang tanpa terkecuali. Hal ini terlihat dari penerimaan dan semangat akan kehadiran Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di lingkungan mereka.
PAUD adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.
1.2  Rumusan Masalah
Pada observasi ini kami mengangkat rumusan masalah sebagai berikut:
1.      Bagaimana sejarah singkat PAUD L-FALAH
2.      Apa pengertian PAUD
3.      Bagaimana perkembangan fisik anak kecil/PAUD
1.3  Tujuan Observasi
1.      Untuk memenuhi tugas yang merupakan syarat untuk mengikuti ujian kenaikan kelas semester genap
2.      Untuk mengetahui sejarah singkat PAUD AL-FALAH
3.      Untuk mengetahui perkembangan fisik anak kecil/PAUD












                                                                                         
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
2.1  Pengertian PAUD

      Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.
      Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.

2.2  Tujuan PAUD

      Ada dua tujuan diselenggarakannya pendidikan anak usia dini yaitu:
Tujuan utama: untuk membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan pada masa dewasa.
Tujuan penyerta: untuk membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah.

2.3  Rentangan PAUD
      Rentangan anak usia dini menurut Pasal 28 UU Sisdiknas No.20/2003 ayat 1 adalah 0-6 tahun. Sementara menurut kajian rumpun keilmuan PAUD dan penyelenggaraannya di beberapa negara, PAUD dilaksanakan sejak usia 0-8 tahun.
      Ruang Lingkup Pendidikan Anak Usia Dini
Infant (0-1 tahun)
Toddler (2-3 tahun)
Preschool/ Kindergarten children (3-6 tahun)
Early Primary School (SD Kelas Awal) (6-8 tahun)




BAB III
HASIL PENELITIAN

3.1  Sejarah Singkat PAUD AL-FALAH
      PAUD AL-FALAH berlokasi di Dususn Kertaharja RT 001 RW 003 Desa Ciampanan Kecamatan Cineam Kabupaten Tasikmalaya yang didirikan oleh Bapak Yusuf Hamdani pada 14 Desember 1996.
      Dalam pembelajarannya Bapak Yusuf dibantu oleh para tutor, yaitu:
1.      Itoh Masitoh
2.      Nia Kurnia
3.      Rosyidah
4.      Eulis Lismayanti

Kemudian anak yang bersekolah di PAUD AL-FALAH ± ada 35 anak yang mana pembelajarannya dibagi 2:
a.       Ditutori oleh Ibu Nia Kurnia, yaitu usia 2-5 tahun
b.      Ditutori oleh Ibu Itoh, yaitu usia 6 tahun

PAUD AL-FALAH merupakan sebuah Lembaga Pendidikan non formal yang telah memberikan partisipasi aktif dalam membentuk generasi islami yang memiliki kompetensi. Sekarang ini walaupun termasuk ke dalam kategori lembaga non formal, namun PAUD AL-FALAH mampu bertahan dari tahun 1966 sampai sekarang, bahkan menunjukkan eksistensinya sebagai sebuah lembaga pendidikan yang bermutu dan berkualitas, yang telah mencetak generasi-generasi yang berguna untuk agama bangsa dan negara.
3.2  Pengertian PAUD
      PAUD adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak dengan usia 2-6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. PAUD bertujuan mengembangkan berbagai potensi anak sejak dini sebagai persiapan untuk hidup dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dan untuk menyukseskan program pemerintah dalam mencerdaskan anak bangsa.
3.3  Data Anak di PAUD AL-FALAH

a.      Usia 2 tahun
No
Nama anak
Jenis kelamin
1
Akbar Nirwana
L




b.      Usia 3 tahun
No
Nama anak
Jenis kelamin
1
Alis Meliani
P
2
Deliasi Nur Intan
P
3
Fausal Ramdani
L
4
Yosep Septiani
L

c.       Usia 4 tahun
No
Nama anak
Jenis kelamin
1
Ade Soni
L
2
Kayla Tiara
P
3
Nisrina Nazifa
P
4
Raisya
P


d.      Usia 5 tahun
No
Nama anak
Jenis kelamin
1
Ai Susa Susilawati
P
2
Agung Akbarul Anugrah
L
3
Bunga Merkuriani S.A
P
4
Fahmi Fauzi Hidayat
L
5
Edit Nandito Suandi
L
6
Intan Rahelia
P
7
Litha Aura
P
8
Nesa Rahma
P

e.       Usia 6 tahun
No
Nama anak
Jenis kelamin
1
Aditia
L
2
Dwi Fujiastini
P
3
Erik Nandi
L
4
Fahrel Pradipta
L
5
Jihan Faisal
L
6
Raipa Ramdania
P
7
Sinta Ramadianti
P
8
Saskya Ananda Nasihan
P

3.4  Perkembangan Anak
a.      Pertumbuhan Fisik
Pertumbuhan bersifat kualitatif (jumlah). Pertumbuhan terus menerus setiap saat tidak pernah berhenti atau terputus walaupun sedetik. Misalnya tinggi dan dan besar anak senantiasa tidak akan berlebihan atau tidak terlalu kurang, letak kepala tetap di sebelah atas begitu pula letak-letak fungsi fisik lainnya.
 
b.      Pengukuran Pertumbuhan Fisik
1.      Memiliki kesesuaian antara usia dan berat badan
2.      Kesesuaian antara usia dengan tinggi badan
3.      Kesesuaian antara tinggi badan dengan berat badan

c.       Perkembangan Kemampuan Fisik
1.      Mulai memahami hak orang lain
2.      Mulai menunujukkan sikap berbagi, membantu dan bekerja sama
3.      Berbagi peran dalam satu permainan
4.      Menunjukkan sikap toleran sehingga dapat bekerja dalam kelompok
5.      Mulai menghargai orang lain
6.      Bereaksi terhadap hal-hal yang dianggap tidak benar
7.      Menunujukkan sikap mandiri dalam memilih kegiatan
8.      Mau menolong dan membantu teman
9.      Mengendalikan perasaan
10.  Menunujukkan rasa percaya diri
11.  Mengenal tatakrama dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat
12.  Disiplin
13.  Menunujukkan rasa empati
14.  Memiliki sikap gigih
15.  Bangga terhadap hasil karya sendiri
16.  Menjawab pertanyaan sederhan

d.      Perkembangan Gerak Umum
1.      Mulai hafal beberapa lagu anak
2.      Mulai memahami cerita/dongeng sederhana
3.      Mulai memahami perintah sederhana
4.      Bisa menyimak perkataan orang lain
5.      Mengenal pembendaharaan kata sifat
6.      Bisa mengulang kalimat yang lebih kompleks
7.      Memahami atiran dalam satu permainan

e.       Aktivitas yang diperlukan anak kecil (Belajar Sambil Bermain)
a.       Usia 2-3 tahun
1.      Meniru gerakan berdo`a
2.      Meniru do`a pendek
3.      Berjalan sambil berjinjit
4.      Menari mengikuti irama
5.      Melempar dan menangkap bola


b.      Usia 3-4 tahun
1.      Berlari sambil membawa sesuatu yang ringan
2.      Meniti di atas papan yang cukup lebar
3.      Meronce manik-manik yang tidak terlalu kecil dengan benang yang agak kaku
4.      Menggunting kertas mengikuti pola garis lurus

c.       Usia 5-6 tahun
1.      Membuat garis vertikal, horizontal, lengkung kiri/kanan dan lingkaran
2.      Menjiplak bentuk
3.      Mengkordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit
4.      Melakukan gerakan manipulatif untuk menghasilkan suatu bentuk dengan menggunakan berbagai media
5.      Mengekspresiakn diri dengan berkarya seni dengan menggunakan berbagai media

d.      Usia 5-6 tahun
1.      Menggambar sesuai dengan gagasannya
2.      Meniru bentuk
3.      Melakukan ekspresi dengan berbagai media dan kegiatan
4.      Menggunakan alat tulis dengan benar
5.      Menggunting sesuai dengan pola
6.      Menempel gambar dengan tepat

f.       Metode belajar beribadah
1.      Menghafal surat pendek dan do`a
2.      Bernyanyi
3.      Tanya jawab
4.      Praktik shalat yang 5 waktu
5.      Menulis







BAB IV
PENUTUP
4.1  Kesimpulan
            PAUD merupakan sebuah lembaga pendidikan non formal yang telah ikut memberikan partisipasi aktif dalam membentuk generasi islam yang memiliki kompetensi yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan.
            Perkembangan fisik anak di PAUD AL-FALAH sangat bagus sesuai dengan apa yang di butuhkan pada usianya. Anak yang bersekolah di PAUD AL-FALAH kebanyakan usia 3-5 tahun.  
4.2  Saran
            Anak/murid di PAUD AL-FALAH harus lebih di tingkatkan dalam masalah kedisiplinan agar belajar menjadi khusyu. Kemudian sarana dan prasarana harus diperbanyak, karena belum memadai. Hal ini demi berlangsungnya belajar dan bermain anak agar menjadi lebih tertib dan menarik perhatian masyarakat di sekitarnya.
            Kemampuan kami dalam penulisan laporan ini masih juh dari sempurna. Kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar penulisan laporan ini menjadi sempurna.
























Daftar Pustaka
Tatang.1987.PSIKOLOGI untuk siswa SPG kelas 1.
Program tahunan pendidikan anak usia dini.2010.Permendiknas NO.58 tahun 2009.
Proposal Permohonan Bantuan dan Operasional Pendidikan Anak Usia Dini.PAUD AL-FALAH.Hal 4


Sumber internet:
id.wikipedia.org/wiki/pendidikan_anak_usia_dini






























Daftar Gambar













 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer